Selasa, 16 November 2021

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI

Pemanfaatan Teknologi Informasi di berbagai Bidang 

                         


1. Bidang Pendidikan 

                           






Penggunaan komputer sebagai alat pembelajaran - CBE (Computer Based Education). Peranan komputer dalam pendidikan menurut Robert Taylor :

TUTOR : sebagai pengajar melalui pendekatan pengajaran berbantukan komputer

TOOL : alat untuk memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran dan untuk melakukan pengolahan data proses pembelajaran, seperti pengolahan data nilai siswa, penjadwalan, beasiswa, dan sebagainya.

TUTEE :. berperanan sebagai alat yang diajar, dan bisa melakukan Tanya jawab atau dialog dengan komputer yang biasa disebut dengan CAI (Computer Assist Instruction). 

    Ex : e-library, e-learning, teleconference 

2. Bidang Industri dan Manufaktur 

        Komputer digunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya:

• CNC (Computer Numerical Control) pengawasan numeric atau perhitungan

• CAM(Computer Aided Manufacture)

• CAD (Computer Aided Design) : merancang bentuk (desain) produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik.

• Mesin-mesin dalam industri garmen yang dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat border, dan sebagainya.

• Robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer 

3. Bidang Bisnis dan Perbankan

Perdagangan barang, jasa dan kegiatan transaksi, menyediakan informasi dengan cepat dan tepat.

- Sistem Informasi Manajemen (SIM)

- Mesin cash register (mesin kasir) Scanning barcode kode barang dagangan, menghitung rugi laba, 

- inventori dan sebagainya 

- Perhitungan keuangan dan bunga bank 

- Layanan keuangan e-banking, e-cash, ATM  

4. Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan 

• Keperluan penelitian dan riset melalui simulasi dengan komputer

• Membuat model reaktor nuklir

• Membuat model-model atom dan molekul

• Mempelajari keadaan struktur tanah, keadaan angin, cuaca, dan sebagainya.

• Pada bidang teknik sipiluntuk menghitung presisi dan kekuatan konstruksi bangunan, arsitektur untuk simulasi ruang dengan tiga dimensi  

5. Bidang Entertainment dan Games

✓ Bidang entertainment : animasi, periklanan, setting, bermain musik. 

✓ Bidang Permainan komputer bisa digunakan untuk permainan (games) tiga dimensi (3D) dilengkapi dengan audiovisual yang menarik dan memberikan special efect 

6. Bidang Komunikasi Jaringan Global (Internet)

Segala sesuatu yang dibutuhkan tersedia pada internet baik yang gratis maupun membayar. Mencari informasi apa saja yang dibutuhkan informasi berita, buku dan perpustakaan, belanja on-line, chatting, musik, bermain games, saling menukar informasi dan data (mail), konsultasi, pooling, periklanan, e-ticketing, dll


Dirangkum oleh : Dian Wahyuningsih 

Terimakasih kepada Dosen pengampu, 

Bapak Zaidir , S.T., M.Cs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar